Modifikasi sederhana modal murah tetapi bermanfaat pada honda CBR250RR

Membuat Antigores Untuk Motor (DIY)

Berawal dari si Vina yang sering saya bawa untuk dimandiin sama orang, ternyata tidak baik dan terbukti bahwa perlakukan orang-orang itu meninggalkan bekas pada tubuhnya dan bebera bagian lainnya. Akhirnya saya putuskan untuk memandikannya sendiri sebagai bukti rasa sayang dan kecintaan saya, Dan kebiasaan mandi bareng ini sudah kami lakukan setahun terakhir dan syukurnya istri, anak dan keluarga saya tidak keberatan. Ok, sampai sini pembukaannya dan by the way, si Vina itu motor ane jadi gak usah mikir yang aneh-aneh.

Buat Sendiri (Do It Yourself)

Ok, salam semuanya, setelah lama gak nulis, kali ini saya mau share kegiatan di waktu senggang. Ber DIY ria, masih di seputaran roda dua (motor). Sesuai awal cerita, baret-baret halus di Speedometer udah keliatan sebenarnya waktu awal minang motor ini, cuma masih sedikit, dan semakin lama koq semakin banyak. Dari sini saya berfikir untuk membuat anti gores untuk layar Speedometer-nya. 
Mulai dengan pencarian di toko online, browsing internet, juga tidak ditemukan anti gores untuk speedometer, ada sih, tapi untuk motor lain. Saya teringat dulu waktu dulu punya DSLR dan saya juga kebingunan cari anti gores untuk layarnya. Begitu juga waktu pasang Head Unit di Mobil dan baret-baret layarnya dan solusinya saya cari antigores universal yang buat tablet  atau laptop 10" dan saya potong. Nah, muncul ide untuk melakukan hal yang sama di speedometer ini. Tetapi layar DSLR dan Head Unit kan persegi jadi tinggal ukur dan potong. Nah, masalahnya layar speedometer itu memang datar, tetapi bentuknya gak ada yang persegi.

Trus gimana?

Tentunya gak boleh kehabisan akal, cari-cari cara...dan ketemu solusinya, dengan menggunakan Maskin Tape. Kenapa Masking Tape?. Karena :
1. Lentur
2. Gampang dibentuk
3. Bisa ditulis
Untuk detil pengerjaan saya gak bisa uraikan step by step, karna bisa jadi makalah, niat mau nulis di blog malah kebanyakan. Kalian bisa cek vidio tutorial  disini (langsuk klik aja ), jadi saya jelaskan secara garis besar langkah-langkahnya.


Alat dan Bahan

  1. Antigores Universal Tablet 10"
  2. Masking Tape
  3. Isolasi Transparant
  4. Double Tape
  5. Kertas HVS
  6. Pensil
  7. Tisu Basah/ Tisu Bayi (bukan tisu magic)
  8. Penggaris
  9. Gunting
  10. Rokok + kopi (bagi yang merokok dan ngopi)

Langkah-langkahnya

  • Tempelkan masking tape ke seluruh permukaan speedometer, ikuti bentuk speedometer dan garis dengan pensil, ikuti bentuk layarnya.
  • Setelah didapat gambar/ bentuk speedometer, lepaskan dan tempek ke kertas HVS, kemudian gunting sesuai bentuknya, jangan langsung tempel ke antigores universalnya, kenapa? karena because adalah is...lanjut dulu kebawah

  • Tempelkan ke kertas HVS, setelah itu gunting kembali kertas HVS sesuai bentuk Speedometer, dan kalian akan mendapatkan sebuah bentuk bidang datar yang tidak jelas, tetapi sesuai dengan bentuk speedometer kalian.
  • Langsung tempel? belum...idupin rokok dulu, minum dikit kopi. Nah hasil guntingan tadi kita anggap sebagai masking speedometer nya, sekarang coba pasang ke Speedometer, pasti gak nempel kan?? karna masih uji coba, bahasa kerennya prototype. Kalau sudah pas dan tidak ada yang kurang atau lebih, kita bisa lanjut. Kalau masih ada yang kurang, ya perbaiki, kalau kelebihan di gunting, kalau kurang lebar, ya diulang dari awal.
  • Kita anggap sudah perfect dan pas. Lanjut ke double tape, tempel double tape ke bagian belakang masking tadi, pastikan tertutup sempurna terutama bagian tepi masking.
  • Ok..lanjut, tempelkan ke antigores universal. Jangan sampai terbalik, pada umumnya ada bagian yang harus dilepas di antigores universal, biasa ditandai dengan angka 1 dan 2, beda anti gores beda tanda. perhatikan mana yang harus dilepas sebelum pemasangan, mana yang setelah pemasangan. Pasang di lapisan yang akan dilepas setelah dipasang (lapisan atas, bukan lapisan yang ber lem)
  • Sudah?? gunting antigores sesuai masking, dan tempelkan pada speedometer anda seperti anda memasang antigores di Handphone
  • Selesai? lepaskan masking perlahan, awas antigoresnya ikut terlepas.
  • Dan sudah jadi anti gores universal buat motor kesayangan. 
Cara ini juga bisa kalian terapkan di layar tablet, handphone, camera, dan action cam. Untuk semua jenis motor dapat diterapkan, jika layar speedometernya datar (flat)
Sekian dari saya, mohon maaf jika ada salah penulisan dan jika kurang jelas langsung aja ke sini, soalnya kalo dipraktekkan gampang hehheehe.
Tinggalkan komentar kalian dibawah jika ada pertanyaan.
Sekian, see you next time

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pompa Oli Samping Yamaha RX King Rembes

Lampu Indikator Injeksi (MIL) Menyala Terus-menerus

Helm Snail Fullface FFS-1 Impor...