Lampu Indikator Injeksi (MIL) Menyala Terus-menerus

Lampu Indikator Injeksi Menyala Terus, Bagaimana Solusinya?

Bagi kalian yang sedang mengalami atau pernah mengalami Lampu Indikator Injeksi menyala secara terus menerus pastinya bingung, apalagi tidak terjadi hal yang mengganggu performa motor. Bagaimana tidak bingung, motor bisa dipakai dan normal, ditambah lagi umur motor masih dibilang baru seperti motor saya Honda CBR250RR tahun 2017 pasti tambah bingung.

Kejadian ini saya alami setelah membawa motor touring seharian ke tempat wisata di Sumatera Utara, Danau Toba tepatnya. Perjalanan selama hampir 12 jam melalui jalan alternatif plus istirahat, saya tidak melalui jalan lintas umum. Saya istirahat setiap 3 jam sekali, jadi totalnya ada 4 kali berhenti hingga sampai kembali dirumah. Tiga perempat dari total perjalanan itu saya dan motor diguyur hujan, mulai dari rintik-rintik hingga hujan deras, karena memang saya persiapkan perlengkapan untuk berhujan-hujan ria, walau hujan saya tetap lanjutkan perjalan. Ibaratnya sedia mantel sebelum hujan heheheh.

Malfuncion Indicator Lamp Honda CBR250RR
Lampu MIL (Malfuncion Indicator Lamp)


Keesokan hari ketika motor saya nyalakan, Indikator Injeksi yang disebut MIL (Malfunction Indikator Lamp) tidak mau mati, tetapi tetap menyala, yang mana seharusnya ketika kontak on, pompa bensin akan menyala diikuti Indikator Injeksi (MIL) kemudian setelah 3 detik atau lebih akan kembali mati. Bingung toh?. Saya start, motor menyala dan saya coba kendarai. Hasilnya tidak ada gangguan sama sekali, motor terasa normal seperti biasa. Saya memutuskan untuk membawa ke Bengkel Resmi untuk diservis yang dimana memang sebenarnya merupakan agenda hari itu. Sampai di Beres motor langsung ditangani mekanik.
Mengenai cerita proses perbaikannya, saya ceritakan di artikel lain, atau bisa di klik disini. Kita skip langsung saja ke cara saya diagnosa trouble yang muncul setelah dapat respon yang menurut saya kurang sesuai dengan yang saya harapkan dari Bengkel Resmi.

Peralatan

Disini saya menggunakan kunci T ukuran 8mm, untuk membuka jok, dan kabel jumper untuk short koneksi pada socket DLC. Fungsi dari kabel jumper ini adalah untuk menghubungkan kabel coklat dan hijau yang ada di socket DLC.
Buka Jok atau Seat
Kunci T 8mm
Cable short connector
Short Connector / Kabel Jumper


 Kabel Short Conector ini sebenarnya hanya sebuah kabel tunggal yang ujungnya saya pipihkan sedemikian rupa agar dapat masuk kedalam socket DLC yang terbilang kecil. Jadi fungsinya untuk menghubungkan kabel Hijau dan Coklat dari socket DLC tersebut (Junper).

Pengerjaan

Setelah jok dibuka, kemudian cari socket DLC nya, socket yang berwarna merah, lepaskan dari dudukannya dan buka cover socketnya. Sebelum mengerjakan, pastikan kunci kontak dalam kondisi OFF.
DLC Connector
Socket DLC / DLC Connector
Kemudian pasang jumper di kabel Hijau dan Coklat sebagai berikut :
DLC Short Connector
Jumper Cable


Setelah terpasang, putar kunci kontak ke posisi ON, dan tunggu kedipan lampu Injeksi (MIL) yang muncul di Speedometer, hitung jumlahnya. Kedipan pada MIL motor Honda dibagi 2, yaitu kedipan panjang dan pendek. Untuk kedipan panjang jumlahnya dikali 10, dan yang kedipan pendek dikali 1. Untuk kasus di motor saya jumlah kedipannya adalah 2 panjang dan 3 pendek. Jika dijumlahkan totalnya 23 (2x20 + 3x1). Nah dari sini kita dapat melihat bagian mana yang mengalami trouble atau masalah.

Kita bisa mencari list kode MIL di internet, banyak situs yang memberikan list kode error tersebut. Jika di motor kalian sudah tau kodenya berapa, langsung search aja di internet apa defenisi dari kode yang muncul. Jadi bisa persiapan untuk menyiapkan dana, dan jadi referensi buat kita agar tidak dikibulin sama bengkel hehehehehe.
Daftar Kode MIL PGM-Fi Honda
MIL Code untuk motor Honda

Kesimpulan

Kode mada MIL ini sebenarnya sangat membantu kita dalam mendiagnosa kerusakan yang terjadi pada motor yang sudah menggunakan ECU/ECM dan sistem PGM-FI (Honda). Tetapi tidak semua kerusakan bisa didiagnosa dan muncul pesan error nya. Pada umumnya MIL akan berkedip jika ada kerusakan atau gangguan terjadi pada sensor-sensor yang tertanam di motor. Jadi misalnya ban motor kempis atau lampu rem tidak menyala tidak akan muncul kode/ kedipannya kecuali motor kalian harganya Milyaran seperti motor di Moto GP yang semua bagiannya dilengkapi sensor.
Cara diatas saya terapkan untuk sepedamotor Honda CBR 250 RR yang baru, untuk motor PGM-FI Honda lainnya kurang lebih sama, hanya berbeda tahapan nya saja, antara kontak on dan pemasangan jumpernya. Untuk kode error MIL 23 dimotor saya tidak umum terjadi, jadi dibutuhkan perjuangan lagi untuk mengetahui error 23 itu apa. Tetapi pada akhirnya diperoleh error 23 pada Honda CBR250RR itu adalah kerusakan pada Heater Element (Element Pemanas) yang ditanam di Sensor O2 nya. Nah ini lebih ribet lagi, sensor O2 koq pake pemanas, sementara posisinya di knalpot yang sebenarnya udah panas. Nah kasus ini saya bahas di artikel berikutnya, tetapi tenang, saat ini motor saya sudah sehat dan siap gas lagi.

Segala informasi yang saya share diatas, berdasarkan pengalaman sendiri, jika ingin mencoba, do at your own risk. Kerusakan yang terjadi pada motor anda bukan tanggung jawab saya. Apabila tidak mengerti sama sekali soal dunia perbengkelan lebih baik bawa langsung ke Bengkel Resmi.

Sekian dulu dari saya semoga bermanfaat
Salam satu aspal
Salam satu hati
Stay Safe
Video Youtube nya disini


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pompa Oli Samping Yamaha RX King Rembes

Helm Snail Fullface FFS-1 Impor...