Pompa Oli Samping Yamaha RX King Rembes


Images by Sector9

Yamaha RX King Sang Raja Jalanan yang sempat mendominasi jalanan Tanah Air sebelum kehadiran Ninja 2 Tak.


Legenda mesin 2 tak yang hingga saat ini seolah tak lekang oleh waktu. Masih banyak penggemarnya dan menjadikannya barang koleksi pribadi. Kabarnya ada 1 unit Yamaha RX King stok lama namun masih baru, terpajang di salah satu Dealer Resmi Yamaha dan dijadikan sebagai pajangan. Dihargai hampir menembus 100Jt. Ikon anak muda sertamerta juga menjadi simbol kejahatan roda dua. Tak ayal kadang dikatan sebagai motor jambret.

Kemari seorang teman berkunjung ke rumah membawa tunggangannya RX King Tahun 2002. Saya sangat memyukai motor legendaris 2 tak ini, tetapi rasanya tidak mungkin lagi untuk manambah kendaraan dirumah, mengingat dirumah sudah ada 3 motor, bisa-bisa Nyonya marah besar. Disamping itu motor ini memerlukan perawatan ekstra mengingat umurnya yang juga sudah tergolong tua. Tetapi jika diajak ngebut, jantung anda yang mungkin tidak akan kuat. Saya pernah membaca sebuah artikel yang menyebutkan, modifikasi sedikit saja, motor legendaris ini bisa berlari tembus hingga 200Km/jam lebih.

Baca juga : Lampu Injeksi (MIL) Menyala

Karena tergolong tua, pastinya penyakit sudah mulai muncul, seperti motor teman saya ini, oli samping rembes dari rumah pompa nya yang berada di sebelah kanan mesin. Ia mengeluhkan oli sampingnya bisa terbuang hampir satu seloki yang biasa dipakai untuk membeli bensin 2 tak campur/eceran pinggir jalan. Tak perlu panjang lebar, pembongkaran pun dilaksanakan. Yang bersangkutan mengatakan sudah mengganti oil sealnya dan pompa nya, tetapi masih saja bocor.
Hasil buka cover pompa oli samping, terlihat memang ada genangan oli samping, langsung dibersihkan dan dilihat kira-kira dari mana asal rembesan.
Images by Sector9

Hasil pengelihatan awal memang tidak terlihat rembesan setelah dilap. kemudian dengan kondisi cover terbuka, dicoba test riding sambil di geber sedikit. Begitu motor diparkirkan setelah test riding, terlihat oli keluar dari badan pompa yang menempel ke bak mesin (dikunci dengan 2 mur) dan selang terlihat basah terkena oli samping.
Saya mencoba memeriksa selang oli samping apa ada yang bocor, mulai dari selang masuk ke pompa dan selang kecil (selang keluar ke karburator). Ternyata selang dari pompa menuju karburator sudah mengeras, ketika selang ditarik langsung ternyata putus ditengah (dari batas mounting selang)  yang menempel di bak mesin, sehingga oli yang dipompa menuju karburator tidak naik semua, tertapi keluar dari retakan di bagian tengah selang.
Images by Sector9

Images by Sector9

Dan dugaan lain adalah, karena selang tersebut tergencet sehingga menjadi sempit, oli yang dipompa tidak lancar dan tertahan akibatnya oli yang masih berada di dalam pompa menekan kesegala arang (sifat cairan) dan menyebakan rembes juga di bagian dudukan pompa oli yang menempel ke bak mesin (diikan dengan 2 mur).
Images by Sector9

Baca juga : Sensor Oksigen/O2 Honda CBR250RR

Pompa oli kami buka dan diganti packing dan sealnya, kemudian selang pengganti yang sudah dibeli pin segera dipasang. Setelah terpasang kami tunggu beberapa menit untuk memastikan tidak ada yang rembes lagi (cover pompa oli sampin belum dipasang). Selanjutnya dicoba untuk dibawa berkeliling dan speeding. Setelah itu didiamkan, dan terlihat tidak ada lagi tetesan oli samping yang keluar dari pompa, maupun selang. Sang teman pun pulang dengan bahagia.
Images by Sector9

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian. Untuk lengkapnya, silahkan berkunjung ke channel Youtube saya, dan link vidio bisa mampir ke channel youtube saya. Demikian sharing saya kali ini, terima kasih sudah mampir di blog saya, segala kekurangan mohon maaf  dan jika berkenan tolong di tuangkan dikolom komentar. 

Komentar

  1. Mas saya mau tanya,barusan king saya dari tutup blok sebelah kanan yang bagian pompa oli mengeluarkan rembesan oli samping padahal barusan sudah diganti seal pompa oli RX king old...apakah penyebab rembesan tersebut mas terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lampu Indikator Injeksi (MIL) Menyala Terus-menerus

Helm Snail Fullface FFS-1 Impor...