Motor Sport Fairing Suzuki Terbaru 150Cc Gixxer SF FI...

GIXXER 150 SF FI

“A Stylish mean-machine for those who can’t help but stand out”

#notforeveryone

Suzuki Gixxer Series adalah motor sport dikelas 150cc dari India. Menggunakan mesin tipe SOHC dan dilengkapi fitur SEP (Suzuki Eco Performance), sedangkan saudaranya GSX Series di Indonesia menggunakan mesin DOHC yang juga dipakai di Suzuki Satria FU FI. Walau dengan mesin di kelas yang sama, tetapi sepertinya Gixxer Series ini bukan merupakan keturunan dari GSX series.

Dikalangan pencinta motor sport, GSX-R biasa dilafalkan dengan Gixxer, tetapi kali ini Suzuki India menggunakan sebutan Gixxer untuk motor sportnya. Seperti yang kita ketahui, Seri Sport Fairing Suzuki Global diberi nama GSX-R baik dari seri GSX-1000R Cc hingga seri GSX-150R yang ada di Indonesia, di MotoGP sendiri nama GSX ini juga dibawa (GSX-RR) sama seperti pabrikan lain, misalnya Honda dengan CBR Series, Yamaha denganYZF series, KTM dengan RC Series dan lainnya. Sedangkan untuk sport non fairing alias Naked Bike nya, pada umumnya huruf R diganti dengan S (Suzuki GSX-150S).

Dengan tag #Notforeveryone Suzuki India meluncurkan Gixxer 150 dengan tipe Gixxer (Sport Naked), SF (Sport Fairing) , SF Fi (SF Injeksi), Gixxer SP (Special), SF SP (Special). Cukup banyak memang tipe-nya, tidak seperti GSX yang ada di Indonesia hanya dibedakan huruf belakangnya saja (S dan R). Dan juga masih ada tipe yang menggunakan karburator, seri dengan embel-embel FI saja yang menggunkan Injeksi. Mungkin seperti tag linenya Suzuki India #Notforeveryone sehinga motor ini hanya untuk pemasaran disana saja.

Bicara soal mesin, sudah jelas sekali perbedaannya, Gixxer series menggunakan SOHC, sedangkan GSX series di Indonesia menggunakan DOHC, yang mana sampai saat ini GSX-150R masih menjadi motor terkencang dikelasnya. Berikut perbandingan untuk tipe Sport Fairingya (Gixxer SF FI dengan GSX-150R) diatas kertas.



Terlihat jelas perbedaan dari kedua produk Sport Fairing Suzuki dikelas 150Cc baik dari mesin ataupun desain-nya. Andai saja Gixxer series ini diluncurkan di Indonesia, pasti banyak komentar dari pecinta roda dua dengan spesifikasi mesin yang disematkan di motor ini, apa lagi konsumen di negar kita ini sangat sensitif terhadap fitur-fitur yang ditawarkan dari sebuah produk motor.

Tetapi ada satu fitur yang tidak dimiliki GSX Indonesia, yaitu SEP (Suzuki Eco Performance) seperti teknologi BlueCore dari Yamaha. Teknologi baru yang disematkan pada mesin generasi baru ini berguna untuk menghemat bahan bakar tetapi tidak mengesampikan akselerasi motor. Intinya tetap irit walaupun dipakai buat kebut-kebutan. Menurut saya apa bisa seperti itu? ya bukannya mendingan dibuat riding mode nya saja ya kan.

Untuk GSX lansiran dalam Negri belum ada disematkan SEP, mungkin masih riset dan pengembangan. Padalah ini bisa saja menjadi nilai jual yang dilirik konsumen tanah air. Atau mungkin Suzuki sudah menyiapkannya untuk seri baru yang bakal di launching 2018 ini, Sport 250 CC misalnya untuk ditandingkan dengan CBR Honda, R Seriesnya Yamaha dan Ninja dari Kawasaki, atau Sutik Premium 150Cc untuk mengimbangi Honda PCX dan Yamaha Nmax.

Melihat dari desain bodynya, juga masih unggul GSX menurut saya, Gixxer joknya nya masih menyatu antara rider dengan boncenger, stang juga belum model jepit, masih model bar, sedangkan GSX sudah jelas terlihat agresif dan sport tulen. Memang sejak kelahiran GSX Series di Idonesia penjualan Suzuki yang terlihat lesu sudah mulai terdongkrak naik, dari segi harga juga membuat konsumen tergoda. Dibandrol di angkat 30jt lebih dikit, termasuk motor Sport Fairing yang paling murah di kelasnya. Sedankan Gixxer SF FI 150 Cc dibandrol ₹96,221.00 to ₹106,989.00 sekitar 23jt-an.Jadi jika di impor ke Indoensia mungkin bisa saja hampir sama jadinya, tapi dengan mesin dan fitur yang seperti diatas
.
Sport Fairing (SF) dengan menggunakan stang model bar, menurut saya kurang nendang Sport-nya, lebih mirip ke Sport Touring yang lebih tegak, jadi kesannya seperti motor naked dikasi fairing doang.

Bagaimana menurut kalian? Apa mungkin Gixxer ini bakal diboyong ke Indonesia?
INTRUDER 150

Kalau saya sih mendingan Suzuki Intruder 150 saja yang dibawa,biar ada varian baru di pasar motor dalam Negri (Tipe Cruizer)  dan desainnya juga keren abis.

Terima kasih sudah berkenan mampir dan meluangkan waktu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan sialhkan tinggalkan komentar dibawah jika berkenan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pompa Oli Samping Yamaha RX King Rembes

Lampu Indikator Injeksi (MIL) Menyala Terus-menerus

Helm Snail Fullface FFS-1 Impor...