Motor Sport Fairing Suzuki Terbaru 150Cc Gixxer SF FI...
GIXXER 150 SF FI |
“A Stylish mean-machine for those who can’t help but stand out”
#notforeveryone
Suzuki Gixxer Series
adalah motor sport dikelas 150cc dari India. Menggunakan mesin tipe SOHC
dan dilengkapi fitur SEP (Suzuki Eco Performance), sedangkan saudaranya GSX
Series di Indonesia menggunakan mesin DOHC yang juga dipakai di Suzuki Satria
FU FI. Walau dengan mesin di kelas yang sama, tetapi sepertinya Gixxer Series ini
bukan merupakan keturunan dari GSX series.
Dikalangan
pencinta motor sport, GSX-R biasa dilafalkan dengan Gixxer, tetapi kali ini
Suzuki India menggunakan sebutan Gixxer untuk motor sportnya. Seperti yang kita
ketahui, Seri Sport Fairing Suzuki Global diberi nama GSX-R baik dari seri GSX-1000R
Cc hingga seri GSX-150R yang ada di Indonesia, di MotoGP sendiri nama GSX ini
juga dibawa (GSX-RR) sama seperti pabrikan lain, misalnya Honda dengan CBR
Series, Yamaha denganYZF series, KTM dengan RC Series dan lainnya. Sedangkan
untuk sport non fairing alias Naked Bike nya, pada umumnya huruf R diganti
dengan S (Suzuki GSX-150S).
Dengan
tag #Notforeveryone Suzuki India meluncurkan Gixxer 150 dengan tipe Gixxer
(Sport Naked), SF (Sport Fairing) , SF Fi (SF Injeksi), Gixxer SP (Special), SF
SP (Special). Cukup banyak memang tipe-nya, tidak seperti GSX yang ada di
Indonesia hanya dibedakan huruf belakangnya saja (S dan R). Dan juga masih ada
tipe yang menggunakan karburator, seri dengan embel-embel FI saja yang
menggunkan Injeksi. Mungkin seperti tag linenya Suzuki India #Notforeveryone
sehinga motor ini hanya untuk pemasaran disana saja.
Bicara soal mesin,
sudah jelas sekali perbedaannya, Gixxer series menggunakan SOHC, sedangkan GSX
series di Indonesia menggunakan DOHC, yang mana sampai saat ini GSX-150R masih
menjadi motor terkencang dikelasnya. Berikut perbandingan untuk tipe Sport
Fairingya (Gixxer SF FI dengan GSX-150R) diatas kertas.
Terlihat
jelas perbedaan dari kedua produk Sport Fairing Suzuki dikelas 150Cc baik dari
mesin ataupun desain-nya. Andai saja Gixxer series ini diluncurkan di Indonesia,
pasti banyak komentar dari pecinta roda dua dengan spesifikasi mesin yang
disematkan di motor ini, apa lagi konsumen di negar kita ini sangat sensitif
terhadap fitur-fitur yang ditawarkan dari sebuah produk motor.
Tetapi ada satu fitur yang tidak dimiliki GSX Indonesia, yaitu SEP (Suzuki Eco Performance) seperti teknologi BlueCore dari Yamaha. Teknologi baru yang disematkan pada mesin generasi baru ini berguna untuk menghemat bahan bakar tetapi tidak mengesampikan akselerasi motor. Intinya tetap irit walaupun dipakai buat kebut-kebutan. Menurut saya apa bisa seperti itu? ya bukannya mendingan dibuat riding mode nya saja ya kan.
Tetapi ada satu fitur yang tidak dimiliki GSX Indonesia, yaitu SEP (Suzuki Eco Performance) seperti teknologi BlueCore dari Yamaha. Teknologi baru yang disematkan pada mesin generasi baru ini berguna untuk menghemat bahan bakar tetapi tidak mengesampikan akselerasi motor. Intinya tetap irit walaupun dipakai buat kebut-kebutan. Menurut saya apa bisa seperti itu? ya bukannya mendingan dibuat riding mode nya saja ya kan.
Untuk
GSX lansiran dalam Negri belum ada disematkan SEP, mungkin masih riset dan pengembangan.
Padalah ini bisa saja menjadi nilai jual yang dilirik konsumen tanah air. Atau
mungkin Suzuki sudah menyiapkannya untuk seri baru yang bakal di launching 2018
ini, Sport 250 CC misalnya untuk ditandingkan dengan CBR Honda, R Seriesnya
Yamaha dan Ninja dari Kawasaki, atau Sutik Premium 150Cc untuk mengimbangi
Honda PCX dan Yamaha Nmax.
Melihat
dari desain bodynya, juga masih unggul GSX menurut saya, Gixxer joknya nya
masih menyatu antara rider dengan boncenger, stang juga belum model jepit,
masih model bar, sedangkan GSX sudah jelas terlihat agresif dan sport tulen. Memang
sejak kelahiran GSX Series di Idonesia penjualan Suzuki yang terlihat lesu
sudah mulai terdongkrak naik, dari segi harga juga membuat konsumen tergoda.
Dibandrol di angkat 30jt lebih dikit, termasuk motor Sport Fairing yang paling
murah di kelasnya. Sedankan Gixxer SF FI 150 Cc dibandrol ₹96,221.00 to ₹106,989.00 sekitar 23jt-an.Jadi
jika di impor ke Indoensia mungkin bisa saja hampir sama jadinya, tapi dengan mesin
dan fitur yang seperti diatas
.
.
Sport Fairing (SF) dengan menggunakan stang model bar,
menurut saya kurang nendang Sport-nya, lebih mirip ke Sport Touring yang lebih
tegak, jadi kesannya seperti motor naked dikasi fairing doang.
Bagaimana menurut kalian? Apa mungkin Gixxer ini bakal
diboyong ke Indonesia?
INTRUDER 150 |
Kalau saya sih mendingan Suzuki Intruder 150 saja yang dibawa,biar ada varian baru di pasar motor dalam Negri (Tipe Cruizer) dan desainnya juga keren abis.
Terima kasih sudah berkenan mampir dan meluangkan waktu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan sialhkan tinggalkan komentar dibawah jika berkenan.
Komentar
Posting Komentar