Tips Memilih Motor (Jangan jadi follower)



BINGUNG MILIH MOTOR??

================

Sekarang ini lagi heboh bully membully di dunia maya soal motor. Merk, tipe, volume silinder, jumlah silinder, fitur dan lain-lain yang menurut saya tidak seharusnya menjadi perdebatan sedang marak diributkan. Disini saya tidak bermaksud menggiring anda pada satu opini tertentu ataupun mempengaruhi anda. Saya ingin berbagi kepada anda, bagaimana saya memutuskan untuk memilih motor yang saya beli. Jadi tidak ada penyesalan ataupun rasa kecewa yang timbul setelah motor anda beli. Atau rasa kecewa karena motor yang kamu beli tidak superior dari motor merek lain dengan harga yang lebih murah.

Tetapkan Jenis Motor Yang Kamu Mau

Anda ingin motor yang jenisn apa,fullfairing??naked?supermoto?adventure?dualpurpose? dan banyak lagi jenisnya. Kamu tetapkan 1 Tipe yang kamu mau. Banyak hal yang mempengaruhi anda untuk suka pada jenis tertentu, jadi tetapkan pilihanmu. Dalam hal ini saya tetapkan pilihan saya pada Motor Sport Fullfairing dikelas 250 CC;

Tentukan range harga

Urusan duit ini memang pasti rumit, karena perbedaan harga motor dengan jenis yang sama dari merk yang berbeda hanya sedikit saja. Mungkin untuk anda yang memiliki budget tidak terbatas, hal ini tidak menjadi masalah, tetapi percayalah sesuatu yang diluar perencanaan pasti hasilnya tidak enak. Saya sendiri menetepkan budget maksimal adalah 70jt dimana memang untuk pasaran motor 250cc Fullfairing ada diangka tersebut, anda juga harus tetapkan ingin mebeli yang baru atau yang bekas;

Buat patokan/kriteria yang harus ada dimotor yang kamu ingin beli 

Anda harus memiliki poin-poin tersendiri yang anda inginkan dari sebuah motor, karena uang yang anda keluarkan tidak sedikit. Sebagai contoh, misalnya anda seorang penggemar Offroad, mungkin anda bisa membuat list kriteria motor seperti :
1. Frame Deltabox
2. Rear Shock Absorber yang sudah menggunakan sistem monoshock
3. Volume Silinder
4. Memiliki swing arm tipe SE
5. Pabrikan (ATPM) yang sudah terkenal di dunia Offroad

Referensi 

 

Anda membutuhkan referensi, informasi dan segala sesuatu yang berkaitan dengan motor yang akan anda beli baik nilai positif atau negatif, karena tidak ada yang sempurna di dunia. Buatlah tabel pembanding dari berapa motor yang memenuhi poin-poin yang sudah anda miliki. Gunakan internet sebagai sumber informasi, tidak usah terpengaruh sama sales ataupun fansboy merek tertentu. Keputusan ada ditangan anda, uang milik anda, anda bebas memilih motor apa yang anda inginkan.

 

Bersabar

 

Tenanglah dalam memutuskan motor mana yang akan anda beli. Tidak  usah tergesah-gesah, jika keempat langkah-langkah diatas sudah terpenuhi dan menyisakan satu motor, percayalah itu motor yang anda inginkan. Apabila belum ada motor yang memenuhi kriteria yang anda inginkan, bersabarlah karena inovasi di dunia roda dua itu berkembang sangat cepat. Jika tidak membutuhkan motor dalam waktu dekat, lebih baik menabung untuk menambah batasan harga motor anda nanti. Ketika motor yang anda inginkan muncul dipasaran, sesuai dengan kriteria yang anda tetapkan sebelumnya, percayalah “it worth to buy”.
Akhirkata, tidak ada yang sempurna di dunia ini, selalu ada kekurang, dan disitulah inovasi tercipta, belilah sesuatu yang memang benar anda inginkan, dan bukan karena pengaruh dari orang lain. Anda bisa memilih apa yang anda inginkan, tanpa harus menjadi objek marketing merk tertentu. Anda yang tahu apa yang anda mau, bijaklah dalam memilih dan terimalah kekurangannya.

Salam Satu Aspal
Stay Safe Onroad or Offroad
Goodluck and Have a Nice Day

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pompa Oli Samping Yamaha RX King Rembes

Lampu Indikator Injeksi (MIL) Menyala Terus-menerus

Helm Snail Fullface FFS-1 Impor...